Sabtu, 09 November 2013

Cara Praktis Merawat Laptop Dengan Tepat


Laptop merupakan penerusan generasi komputer dengan komponen pembaharuan yang lebih ringkas dan minimalis. Namun berfungsi yang sama dengan komputer. Komputer memiliki banyak komponen yang berbentuk besar, seperti CPU, Keyboard, LCD, dan lainnya. Jika dulu komputer hanya dapat digunakan di rumah saja, kini anda dapat membawa laptop kemanapun anda pergi.
Cara-Merawat-Laptop
Namun laptop memiliki sifat yang lebih sensitif daripada komputer, maka dari itu harus dilakukan perawatan yang khusus. Sering kali kita hanya menggunakan laptop saja tanpa memperhatikan perawatan. Sehingga terkadang tahu-tahu keadaan laptop telah berkurang sehingga akan menghambat proses kerja. Sesungguhnya perawatan pada laptop itu tidak sulit. Namun harus tepat, agar tidak merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya.
Berikut ini beberapa cara untuk merawat laptop agar tidak mudah rusak serta tetap bekerja pada optimal, yaitu :
  • Berhati-hatilah dalam mendownload sebuah file. Karena pada biasanya file yang kita download mengandung virus sehingga akan merusak file lainnya dan bahkan dapat merusak software laptop anda pula.
  • Berikanlah anti virus yang sesuai. Anti virus sangatlah penting, yang berperan sebagai safety dalam penggunaan laptop. Jangan sampai anti virus yang anda gunakan valid, sehingga tidak dapat mendeteksi dan menghilangkan virus yang masuk pada laptop anda.
  • Jangan menginstal software yang tidak dipakai. Installah software yang anda butuhkan saja. Karena jika banyak terdapat software yang terinstal pada laptop, maka dapat mengurangi kecepatan laptop yang anda miliki. Dan juga dapat melemahkan memori laptop tersebut menjadi lelet.
  • Jagalah kebersihan laptop anda. Bersihkan screen, keyboard dan komponen laptop ainnya secara rutin dan berkala.
  • Hindarkan dari getaran elektromagnet. Yaitu alat-alat elektronik lainnya yang memiliki sumber elektromagnet, seperti sound, handphone. Televisi dan lainnya.
Itulah berbagai cara merawat laptop dengan tepat, pastikan laptop anda dalam keadaan baik setiap saat agar memudahkan anda dalam bekerja. Bila laptop sudah sehat, maka akan mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan tanpa gangguan lagi. Selalu periksa atau cek laptop anda secara rutin untuk menghindari kerusakan atau masalah yang mungkin akan terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar