1. Pendahuluan
Microsoft Office
PowerPoint 2010 merupakan salah satu perangkat lunak yang dikeluarkan
oleh Microsoft yang dapat digunakan untuk mempresentasikan tulisan atau
gambar kepada orang lain dalam format *pptx, *.pps atau *.ppt.
Pada umumnya Microsoft PowerPoint sudah menjadi satu bundle dengan keluarga Microsoft lainnya, seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel atau lainnya. Proses instalasi perangkat lunak presentasi dapat dilakukan dengan mudah, baik menggunakan CD atau DVD, Flashdisk atau media penyimpanan lainnya.
Pada umumnya Microsoft PowerPoint sudah menjadi satu bundle dengan keluarga Microsoft lainnya, seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel atau lainnya. Proses instalasi perangkat lunak presentasi dapat dilakukan dengan mudah, baik menggunakan CD atau DVD, Flashdisk atau media penyimpanan lainnya.
Adapun keunggulan dari Microsoft Office PowerPoint 2010 adalah :
a. Lebih mudah fitur visual
Penambahan efek foto yang canggih tanpa menggunakan tambahan software photo-editing program. menggunakan gambar yang baru dan fitur pengeditan yang lebih baik seperti saturasi warna dan suhu, kecerahan dan kontras, dan alat potong gambar yang maju, bersama dengan filter artistik
b. Menambahkan editing video lebih flexible
Lebih mudah mengedit video untuk menampilkan bagian yang dibutuhkan. Terdapat efek video-seperti refleksi, bevels, dan 3-D putaran
c. Flexible mengubah file presentasi
Dapat mengubah presentasi ke dalam sebuah video berkualitas tinggi dengan narasi untuk berbagi dengan siapa saja melalui e-mail, melalui Web, atau di DVD.
d. Fitur grafis yang lebih bagus
Grafis-grafis tampil terlihat professional dan bagus.
e. Transisi baru dan peningkatan animasi
Transisi slide yang dinamis dan animasi efek , mudah diakses, dilihat, diterapkan, disesuaikan, untuk editing animasi.
f. Pengaturan dan pencetakan slide Anda lebih efektif
Mudah mengatur dan menavigasi melalui slide menggunakan bagian slide.
g. Akses fitur lebih sederhana
2. Memulai Aplikasi
Untuk memulai
menggunakan aplikasi presentasi dapat mengunakan perintah dengan
mengakses MS Office PowerPoint 2010 dari start menu. Apabila shortcut MS
Office PowerPoint 2010 sudah disediakan pada desktop, maka tinggal
double klik pada shortcut tersebut, sehingga akan ditampilkan halaman
baru PowerPoint 2010 seperti dibawah.
Dari gambar dapat
dijelaskan bahwa office button merupakan kumpulan menu pengelolaan file
presentasi. grup button dalam tiap tab menu berisi button perintah yang
sering digunakan. Ribbon merupakan kumpulan button yang dikelompokan
dalam group tab.
Seperti pada
PowerPoint 2007, PowerPoint 2010 menggunakan Ribbon. Ribbon pengganti
sistem menu dan toolbar cukup mengejutkan. Ribbon ini dirancang untuk
merampingkan alur kerja dan bertujuan untuk menyediakan semua yang anda
butuhkan dengan jumlah klik mouse minimum.
Setiap tab berisi pilihan perintah yang berhubungan dengan bidang pekerjaan tertentu, dan perintah yang dipecah menjadi kelompok-kelompok.
Setiap tab berisi pilihan perintah yang berhubungan dengan bidang pekerjaan tertentu, dan perintah yang dipecah menjadi kelompok-kelompok.
Gbr. 2.1. Halaman Pertama Ms. PowerPoint 2010
Membuka Dokumen
Untuk memulai
membuat presentasi maka langkah pertama adalah membuat file baru dengan
memanfaatkan perintah file>new sehingga akan muncul kotak dialog
berikut :
Pada command new ada beberapa pilihan diataranya :
- Blank presentasi : presentasi kosong
- Recent template : dari template yang terakhir dibuka/pernah dibuka
- Sample templates : dari template yang telah disediakan
- My templates : dari template yang telah dibuat
- New from existing : membuat dokumen dari presentasi yang sudah ada
- Office.com templates : membuat dokumen dari office.com, komputer harus online
Menyimpan Dokumen
Pada perintah penyimpanan dokumen pada perangkat lunak presentasi terdapat hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
Save - untuk menyimpan file baru (yang belum ada nama)
Save as - untuk menyimpan file yang sudah ada namanya
dan akan diganti dengan nama baru. Simpan dengan ektensi file *.pptx
Menutup Aplikasi
Bila sudah selesai untuk membuat, membaca ataupun editing suatu dokumen maka diperlukan suatu proses untuk menutup pekerjaan tersebut.
Pada perintah proses menutup dokumen hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
Close - menutup dokumen yang sedang terbuka namun aplikasi tetap aktif
Exit - mengakhiri aplikasi perangkat lunak presentasi
3. Editing Dokumen
Saat membuat
presentasi pasti akan memerlukan proses editing. Pada Microsoft Power
Point 2010 sudah digolongkan pada tab-tab menu sehingga mudah untuk
menggunakannya. Tab-tab menu tersebut di adalah sebagai berikut :
File - menampilkan menu dari commands yang digunakan untuk membuat, membuka, menyimpan , preview, cetak presentasi.Home - editing tampilan isi/teks slide presentasiInsert - menyisipkan suatu obyek ke slide presentasiDesign - mengatur design layout/tampilan presentasiTransitions - mengatur transisi/pergerakan isi presentasiAnimations - memberikan efek animasi pada presentasiSlide Show - mengatur jalannya presentasiReview - memeriksa isi presentasiView - mengatur tampilan slide presentasi
Tab File
Tab file merupakan suatu tab untuk menampilkan menu dari commands yang digunakan untuk membuat, membuka, menyimpan , preview, cetak presentasi.
Gbr 3.1. Tab File
Gambar diatas merupakan kumpulan command yang ada di tab file, dapat dijelaskan sebagai berikut:
Save - untuk menyimpan file baru
Save as - untuk menyimpan file yang sudah ada namanya dan akan diganti dengan nama baru
Open -membuka dokumen yang sudah pernah dibuat
Close -menutup dokumen presentasi
Info - memberikan informasi tentang presentasi yang sedang aktif/terbuka, misalnya informasi tentang ijin sharing dan hak akses
Recent - memberikan daftar presentasi yang pernah dibuka
New - membuat presentasi baru
Print - preview dan print dokumen presentasi, pada command print terdapat setting untuk pencetak dokumen. Diantaranya pemilihan jenis printer, banyaknya dokumen yang dicetak, slide yang akan dicetak, setting warna serta lainnya.
Save and send - mempublish presentasi yang sedang berjalan dalam bentuk lain dan disisipkan ke imel
Help - mendapatkan bantuan
Exit - untuk keluar dari aplikasi power point
Tab Home
Gbr 3.2. Tab Home
Pada tab home
berisi button editing tampilan isi/teks slide presentasi. Dalam tab home
terdiri dari group button clipboard, slides, font, paragraph, drawing,
editing
A. SlidesGroup button slides
A. SlidesGroup button slides
Untuk mengatur tata letak/layout slide.Buttons Slides terdiri dari command new slide, layout, reset, dan section.
a. New Slide
Menambah slide baru pada presentasi yang aktif
b. Layout
Mengandung format, posisi dan penempatan untuk semua konten yang muncul pada slide.
c. Reset
Untuk mengembalikan ke posisi default.
d. Section
Mengelompokan slide-slide agar mudah mengidentifikasi tema slide presentasi. Misalnya untuk tampilan slide disamping dibuat 2 section, yaitu section sales dan marketing.
B. Drawing
Drawing merupakan Group button yang menyediakan tool dan obyek untuk menggambar sesuatu di slide. Pada drawing juga menyediakan text box sebagai tempat untuk menuliskan teks.
Tab Insert
Tab Insert berisi
group tab yang difungsikan untuk menyisipkan sesuatu obyek ke dalam
presentasi. Obyek-obyek yang disisipkan diantaranya adalah tabel,
gambar, link, teks, symbol, video serta audio.
Tab Insert
A. Tables
Group button tables berfungsi untuk menyisipkan obyek table ke dalam slide.
Pada saat table disisipkan ke dalam slide maka akan muncu tab design dan layout tabel . Dengan adanya tab design maka table dapat diatur tampilan header table, diberi style , pemberian warna, border dan lain sebagainya.
Table Design Tab
Dengan munculnya tab layout maka table dapat ditambahi baris dan kolomnya, dapat diatur pula ukuran height dan widthnya. Untuk posisi teks dalam table dapat diatur pada tab layout
Layout Tab
B. Images
Group tab images berfungsi untuk menyisipkan obyek gambar ke dalam slide.
Group Tab Images
Photo Album
Photo Album
Tidak hanya menyisipkan gambar tetapi juga bisa membuat photo album. Dengan tampilnya foto atau gambar dalam presentasi PowerPoint dapat membantu untuk menangkap perhatian audiens. Photo Album yang sudah dibuat masih bisa di edit.
Pada saat klik pada photo Album > new photo album maka akan muncul kotak dialog seperti di atas. Terlihat beberapa fitur untuk pembuatan photo album, yaitu :
File/disk : untuk mencari file image yang akan ditampilkan dislide
New Text Box : menyisipkan teks pada satu slide tersendiri
Pictures in album : urutan tampilan file image pada slide
Album Layout : model layout dari image, secara default fit to slide (ukuran image sama dengan slide)
Theme : untuk menentukan tema photo album
Hasil Photo Album
Pada saat membuat photo album , hal tersebut sama artinya dengan file presentasi baru.Seperti gambar berikut terlihat hasil dari photo album. Pada jendela pictures in album (gambar kiri) terdapat 3 image maka photo album yang dihasilkan terdiri dari 4 slide (1 slide berisi judul dan 3 slide ).
Tab Format untuk editing images
C. Illustrations
Group button ilustration berisi obyek shapes, smart art,chart.
Group Tab Illustrations
Dengan menggunakan obyek shapes, smart art,chart maka presentasi akan lebih menarik dan tidak hanya didominasi text yang membosankan.
Hasil untuk Illustrations
D. Link
Pada Group button link terdiri dari command hyperlink dan action.
a. HyperlinkDalam PowerPoint, hyperlink dapat koneksi dari satu slide ke slide lain slide dalam presentasi yang sama atau untuk slide dalam presentasi lain, alamat e-mail, halaman Web, atau file dalam format lain.
Kotak Dialog Hyperlink
Setelah mengklik button hyperlink maka akan muncul kotak dialog untuk setting hyperlik, sepereti gambar dibawah di atas. Terdapat pilihan tujuan untuk me-link-kan ke slide atau file tertentu.
Existing File or Web Page : koneksikan ke file lain atau halaman web tertentu.
Place In This Document : koneksi ke slide lain dalam file presentasi yang sama.
Create New Document : koneksikan ke file baru.
E-mail Address : koneksikan ke alamat imel tertentu
Hyperlink dapat dibuat dari teks atau from objek lain seperti a picture, graph, shape, atau WordArt. Teks yang telah diberi hyperlink akan ditandai dengan teks bergaris bawah.
b. ActionButton action pada dasarnya mempunyai fungsi yang hampir sama dengan hyperlink yaitu mengandung perintah koneksikan ke tujuan tertentu namun pada action dilengkapi dengan aksi (event) tertentu bila mouse mengklik (mouse click) atau melewati obyek (mouse Over).
Kotak Dialog Action
Action dapat diberikan ke teks atau from objek lain seperti a picture, graph, shape, atau WordArt. Aksi-aksi yang bisa dilakukan pada saat mouse click ataupun mouse over adalah :None : tanpa suatu aksiHyperlink to : obyek dikoneksikan pada slide atau file tertentuRun Program : bila mouse dieksekusi maka jalankan program tertentuRun Macro : bila mouse dieksekusi maka akan menjalankan makroPada action juga dapat dilengkapi suara(sound) ketika event mouse click ataupun mouse over.
E. Text
Group button text bertugas untuk menyisipkan obyek-obyek teks seperti text box, header footer, wortArt, date&time (pemberian tanggal dan waktu pada presentasi), penomoran slide (slide number), menyisipkan obyek. Group button text seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Group Button Text
a. Slide NumberSlide number merupakan button untuk menyisipkan penomoran pada tiap slidenya. Secara default slide number berada di pojok kanan bawah dari slide. Setting Slide number termasuk ke dalam header and footer , Ketika button slide number di tekan maka akan muncul kotak seperti berikut :
Kotak Dialog Slide Number dan hasil Slide Number
F. Media
PowerPoint telah menyuguhkan fasiltas multimedia yang memungkinkan pengguna untuk secara efektif memanfaatkan kekuatan bercerita audio dan isi video. Pada power point 2010 ini dilengkapi pemutaran media teknologi PowerPoint, memperbaiki seluruh alur kerja media termasuk penyisipan, mengedit, dan distribusi dan presentasi. Pada Group button media terdiri atas penyisipan video dan audio.
Group Ribbon Media
A. Video
Video bisa jadi
dapat memaximalkan hasil suatu presentasi. Format file yang dapat di
sisipkan ke dalam presentasi diantaranya: avi, mpeg, mpa, wmv, mov, mp4,
swf. Terdapat 3 pilihan ketika akan menyisipkan ke dalam slide yaitu
seperti gambar dibawah ini :
Button Video
Video From File : video berasal dari file video yang sudah disediakan oleh user.
Pada saat video
sudah insertkan pada slide maka otomatis akan muncul tab baru, yaitu
format dan playback, yang berguna untuk editing video serta
memainkannya.
Tab Playback
Playback berisi
perintah-perintah untuk fasilitas untuk member tambahan efek pada video.
Misalnya pada group button editing terdapat trim video(memotong
video),fade duration (mengatur proses kemunculan video).
Dapat juga diatur besarnya volume video. Video dapat juga ditampilkan secara full screen dan berulang (looping).
Tab Format untuk Video
Dari gambar diatas
data dijelaskan bawah tab format dapat memberikan fasiltas untuk koreksi
warna, brightness, memberikan style, dapat merubah tampilan sesuai
dengan shape yang dipilih, memberikan border pada video serta memberi
efek shadow pada video. Selain itu dapat juga merubah ukuran dimensi
dari video yang ada dislide.
Video From Website
Video dari website tertentu misal www.youtube.com ditampilkan ke dalam slide presentasi dengan cara diembedkan.
Video yang sudah
diembed akan tampil sama persis seperti melihatnya di Youtube. Untuk
mengklik tombol play untuk memulai video dapat menggunakan kontrol
timeline seperti biasa. Pada video yang berasal dari web site tidak
dapat menerapkan beberapa efek ke video Youtube seperti pada video from
file.
Clip Art Video
Video berasal dari
clip art video. Pada saat video sudah insertkan pada slide maka otomatis
akan muncul tab baru, yaitu format , sama dengan format pada video from
file.
B. Audio
Audio merupakan
tambahan suara/sound yang digunakan untuk melengkapi presentasi. Audio
ini hanya berlaku perslide, bila pindah slide maka audio akan berhenti.
Pada saat menyisipkan audio terdapat 3 pilihan seperti yang terlihat
pada gambar berikut :
Insert Audio
Audio From File :
audio yang berasal dari file yang sudah disediakan oleh user. Format
file audio yang dapat diinsertkan pada presentasi diantaranya adalah
aif, aiff, au, rmi, mp3, wma, mid, midi, wav,3gp, aac, mp4. Tampilan
hasil penyisipan audio form file seperti contoh gambar diatas.
Clip Art Audio : audio yang berasal dari clip art audio yang sudah disediakan Office Power Point 2010
Record Audio :
audio berasal dari suara yang direkam. Ketika dipilih button insert >
audio > record audio maka akan tampil kotak dialog seperti gambar di
bawah.
Record Audio
Tab Design
Tab Design
Pada tab design
berfungsi untuk mendesain tampilan dari slide-slide presentasi agar
lebih cantik dan menarik. Pada tab design ini terdiri dari beberapa
group button diantaranya page setup, themes, dan background.
Page Setup
Group button page setup difungsikan untuk mengatur ukuran dari slide, jumlah slide, orientasi tampilan slide serta handout.
Kotak Dialog Page Setup
Themes
Themes/ tema
menggunakan kombinasi warna tema, tema font, dan efek tema Tema dapat
diterapkan ke file sebagai pilihan ke suatu presentasi untuk
menyederhanakan proses menciptakan presentasiyang profesional. Tema
warna, font, dan efek tidak hanya bekerja dalam PowerPoint, tetapi
mereka juga tersedia di Excel, Word, dan Outlook sehingga presentasi,
dokumen, lembar kerja, dan e-mail dapat melihat kohesif.
Group Button Themes
Power point sudah
menyediakan beberapa themes yang langsung dapat digunakan seperti gambar
diatas. Namun bila themes yang disediakan tidak sesuai dengan
presentasi yang akan dibuat maka dimungkinkan untuk menggunakan themes
yang terlebih dibuat user dan disimpan dalam extensi potx .
User dapat juga membuat themes sendiri dengan memanfaatkan color , font serta efect yang terdapat pada group tab themes.
Kotak Dialog Colors, Fonts dan Effects
Background
Group button
background difungsikan untuk mendesain tampilan background dari suatu
slide presentasi. Secara default terdapat 2 button yaitu background
style dan hide background graphic.
Kotak Dialog Background Styles
Pada kotak dialog
background styles terdapat pilihan untuk memilih format background serta
reset slide background (kembali ke format default). Bila memilh membuat
background dari command format background maka akan terbuka kotak
dialog seperti dibawah , dimana secara garis besar terdapat 4 gologan
format yaitu fill, picture corrections, picture color, artistic effects.
Kotak Dialog Format Background - Fill
Pada format background > fill terdapat pilihan untuk menggunakan membuat background dengan memanfaatkan fitur-fitur berikut:
Solid Fill : warna solid
Gradient Fill : warna gradasi
Picture or Texture Fill : background berasal dari file image, clipart ataupuntexture yang telah disediakan oleh power point
Pattern Fill : background berasal dari pola yang telah disediakan oleh power point
Tile : background dibuat tile (gambar ukuran kecil-kecil dan berulang)
Transparency : memberikan efek transparan pada background
Kotak Dialog Format Background - Picture Corrections
Pada kotak dialog
format background > picture corrections terdapat seting untuk
mengatur ketajaman background (sharpen and soften), tingkat kecerahan
dan kekontrasan (brightness and contrast).
Tab Transitions
Tab transitions
berfungsi untuk mengatur pergerakan perpindahan antar slide. Tab
transitions terdiri atas group button preview (untuk melihat pergerakan
trasisi), transition to this slide serta timing .
Tab Transitions
Animasi transisi
antar slide dalam presentasi merupakan salah satu bumbu yang dapat
digunakan untuk meningkatkan perhatian audiens terhadap presentasi yang
digunakan. Namun seperti yang diuraikan di atas, maka presentasi yang
berlebihan juga akan dapat mengganggu konsentrasi dan fokus audiens.
Transitions to this slide
Transition to this
slide merupakan style pada pergerakan perpindahan antar slide. Style
transisi pada Power point 2010 lebih power full, atraktif dan menarik
daripada pendahulunya.
Kotak Dialog transitions to this slide
Selain dapat
memilih style/model pada pergerakan antar slide dapat juga diatur arah
pergerakan pada masing-masing style transisi dan masing-masing style
transisi mempunyai setting option effects yang berbeda-beda pula.
Seperti misalnya contoh dibawah
Timing
Group button timing berfungsi untuk mengatur waktu transisi. Seperti yang terlihat pada group tab timing berikut ini :
Group Tab Timing
Sound : memberikan efek sound pada pergantian slide
Duration : mengatur waktu transisi slide
On Mouse Click : slide akan mulai bertransisi bila mouse diclick
After :
slide akan otomatis
perpindah ke slide berikutnya sesuai waktu yang disetting, misalnya
"after 00:06:00" artinya slide bertransisi ke slide berikutnya secara
otomatis setelah 6 detik setelah kemunculan slide tersebut.
Tab Animations
Tab animations
berfungsi untuk mengatur pergerakan/ memberi animasi ke teks ataupun
semua obyek yang ada dislide. Tab animations berisi beberapa group
button diantaranya, preview (untuk melihat hasil animasi), animation,
advanced animation serta timing.
Tab Animations
Animation
Group button animation berisi daftar macam-macam animasi yang bisa di berikan ke teks maupun obyek yang ada dislide.
Group Button Animation
Animasi pada slide
dalam presentasi merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan untuk
meningkatkan perhatian audiens terhadap presentasi yang digunakan. Namun
seperti yang diuraikan di atas, maka presentasi yang berlebihan juga
akan dapat mengganggu konsentrasi audiens.
Berdasarkan gambar di atas secara garis besar, command animation ini dikelompokkan dalam 4 bagian, yaitu :
Entrance : untuk memberikan efek animasi masuk pada slide, misalnya efek appear, fade
Emphasis : untuk memberikan efek animasi pada transisi slide yang sedang berlangsung, misalnya pulse, teeter
Exit : digunakan untuk memberikan efek animasi keluar dari layar, misalnya efek disappear, wipe
Motion Path : untuk
memberikan efek animasi dengan gerak mengikuti pola garis ata shape
yang digunakan, misalnya efek line, shape
Secara default
masing-masing efek diatas mempunyai arah tersendiri. Adakalanya arah
pergerakan tidak sesuai yang user inginkan, oleh karena itu Power Point
2010 telah menyediakan button effect option untuk memberikan beberepa
pilihan untuk mengatur arah pergerakan dari efek animasi yang diberikan
ke teks ataupun obyek. Masingmasing efek animasi memiliki effect option
yang berbeda pula. Berikut adalah beberrapa contoh efek animation
beserta dengan effect option. Misalnya efek wipe mempunyai effect option
direction(pengaturan arah) dan sequence (rangkaian)
Advanced Animation
Group button
advanced animation memberikan fitur-fitur tambahan pada pemberian
animasi obyek. Group button in terdiri atas button add animation,
animation pane, trigger (pemicu) serta animation painter (copy format
animasi)
Group Button Advanced Animation
A. Add Animation
Fungsi add
animation hampir sama dengan animation, namun bedanya kalau animation
memberikan efek animasi pada urutan 1 terhadap suatu obyek sedangkan add
animation adalah animasi tambahannya pada obyek tersebut karena pada
suatu obyek memungkin diberikan efek animasi lebih dari 1.
Animasi-animasi pada add animation juga terbagi menjadi 4 golongan, yaitu :
Entrance
Emphasis
Exit
Motion Path
B. Animation Pane
Bila button animation pane maka akan muncul kotak dialog animation pane yang muncul disebelah kanan slide.
Button Animation Pane
Timing
Group tab timing berfungsi untuk mengatur waktu transisi. Seperti yang terlihat pada group tab timing berikut ini :
Group Tab Timing
A. Start : memberikan 3 pilihan untuk memulai presentasi, pilihannya yaitu :on clik, with previous dan after previous
B. Duration : mengatur lama waktu animasi obyek di presentasi
C. Delay : waktu tunda
D. Reorder Animation : untuk mengatur urutan kemunculan suatu obyek
Tab Slide Show
Tab Slide Show
bertugas untuk mengoperasikan slide untuk show(ditampilkan), diantaranya
bagaimana untuk memulai, menyembunyikan slide tertentu dan lain
sebagainya. Tab slide show terdiri dari beberapa group diantaranya start
slide show, set up, monitors.
Tab Slide Show
Start Slide Show
Group button start slide show berfungsi untuk menseting kemunculan slide-slide saat presentasi.
Start Slide Show
A. From Beginning : Presentasi dimulai dengan menampilkan slide 1
B. From Current Slide : Presentasi dimulai dengan menampilkan slide yang sedang aktif (slide kursor aktif)
C. Broadcast Slide
Show : Broadcast Slide Show merupakan fitur di PowerPoint 2010 yang
memungkinkan presenter untuk berbagi tampilan slide dengan siapapun,
dimanapun, melalui Web. Dengan mengirimkan link (URL) untuk audiens, dan
kemudian semua orang yang diundang melihat tampilan slide dalam browser
mereka (audiens).
Presenter dapat
mengirim URL untuk slide ke peserta melalui e-mail. Selama presentasi
berlangsung, presenter dapat menghentikan sementara tampilan slide
setiap saat, kembali mengirim URL tersebut ke peserta, atau beralih ke
aplikasi lain tanpa mengganggu siaran atau menampilkan desktop presenter
untuk audiensnya.
Broadcast Slide Show
Dengan Broadcast
Slide Show pada Microsoft PowerPoint 2010, presenter dapat mengirimkan
sebuah presentasi secara langsung kepada seseorang atau teman anda
melalui Web browser.* Dan di Office Web Apps memungkinkan orang lain
membuat dokumen secara bersamaan, bahkan ketika user tidak sedang
behadapan sekalipun.
D. Custom Slide
Show : custom slide show merupakan suatu perintah untuk memilih slide
mana saja yang akan ditampilkan saat presentasi
Custom Slide Show
Gambar diatas
merupakan proses untuk men-custom slide-slide yang akan ditampilkan pada
sesi presentasi. Misalnya seperti contoh gambar diatas dalam suatu file
presentasi mempunyai 6 slide namun hanya slide 1, 2 dan 6 saja yang
akan didiperlihatkan dalam presentasi.
Set Up
Group button Set up menangani beberapa custom untuk sesi slide show diantaranya:
Set Up
A. Hide Slide :
menyembunyikan slide-slide sehingga tidak muncul dalam sesi presentasi
namun slide tersebut tetap ada di file presentasi powerpointnya.
B. Rehearse Timings : untuk timing waktu merekam sesi presentasi
C. Record Slide Show : proses merekam sesi presentasi
D. Set Up Slide
Show : untuk memilih tipe tampilnya presentasi apakah slide full scree,
bisa juga presentasi disetting tanpa narasi (show without naration),
tanpa animasi (show without animation). Dapat juga diseting warna dari
pensil slide (pen color), warna laser pointer (laser pointer
color),dapat juga memilih slide yang akan ditampilkan dalam presentasi.
Set Up Show
Monitors
Group tab monitor digunakan untuk menentukan resolusi computer yang digunakan pada saat presentasi.
Tab Review
Tab review digunakan untuk mengecek spelling (ejaan dari teks), research, translate dan lain sebagainya.
Tab Review
Tab View
Tab view berfungsi
untuk memilih tampilan saat editing file presentasi, tab ini terdiri
group button presentation views, masters views, show, zoom, color/gray
scale, window serta macros.
Tab View
Presentation View
Presentation views
terdiri atas button untuk mengolah tampilan file presentasi dilayar
monitor. Terdapat 4 tampilan presentasi, untuk lebih jelasnya dapat
dilihat pada keterangan berikut :
Normal : menampilkan presentasi secara tampilan normal dengan list slide dan slide aktif
Slide Sorter : tampilan yang memudahkan untuk mengatur ulang posisi urutan slide
Notes Page : dengan notes page dapat memperlihatkan catatan persenter lebih jelas sehingga dapat lebih mudah mengedit
Reading View : menampilkan slide secara full screen
Master Views
Group tab master views menampilkan master pada slide, handout serta notes.
Master Views
A. Slide Master
Slide master
merupakan hirarki teratas ada slide yang menyimpan informasi tentang
tema dan layout slide presentasi, termasuk warna, latar belakang, font,
efek, ukuran placeholder, dan positioning.
Dengan membuka
slide master view maka dapat digunakan untuk mengedit layout dan design
pada slide master. Slide master bisa digunakan untuk kepentingan
pembuatan template themes pada power point yang disesuiakan dengan
kebutuhan dan keinginan user.
Setiap presentasi
berisi paling tidak satu slide master. Manfaat utama untuk memodifikasi
dan menggunakan master slide bahwa user dapat membuat perubahan gaya
universal untuk setiap slide dalam presentasnya, termasuk yang
ditambahkan kemudian ke presentasi. Saat menggunakan slide master, user
menghemat waktu karena user tidak perlu mengetik informasi yang sama
pada lebih dari satu slide. Misalnya pada tiap slide muncul logo sekolah
maka logo tersebut cukup sekali diinsertkanpada slide master.
Pada saat slide master aktif maka akan muncul tab baru untuk membantu editing slide master, seperti pada berikut ini.
Tab Slide Master
Dari gambar ribbon dari tab slide master dapat dilihat bahwa button-button pada tab tersebut memiliki fungsi diantaranya :
Insert Slide Master : untuk menyisipkan slide master baru
Insert Layout : untuk menyisipkan layout baru pada slide master
Insert Placeholder : untuk menyisipkan objek, text, picture, chart, table, smart art, media dan clip art pada master slide
Themes : untuk membuat/merubah themes pada slide master, themes tersebut juga meliputi, pewarnaan, font serta effect
Background : untuk membuat background pada slide master
Page Setup : Mengatur ukuran slide master.
Slide Orientation : menentukan orientasi dari slide pada slide master.
B. Handout Master
Dengan membuka view
dari handout master maka user dapat merubah setingan bentuk dari
handout yang akan di cetak. Pada saat view handout master terbuka maka
akan muncul tab handout master yang berisi ribbon untuk pengaturan
handout presentasi ketika dicetak.
Handout Master
Page Setup : untuk membuka kotak dialog setup slide, seperti yang telah diterangkan di tab design
Handout Orientation
: untuk menentukan hasil presentasi yang tercetak akan dicetak dalam
format portrait (tegak) ataukah landscape (mendatar)
Slide Orientation : untuk menentukan slide presentasi dalam format portrait (tegak) ataukah landscape (mendatar)
Slide Per Page :
untuk menentukan berapa slide yang terdapat pada tiap handoutnya. secara
default terdapat 6 slide pada tiap handout.
Placeholders :
Dengan placeholders : untuk menempatkan/menyisipkan header-footer-datepage number pada tiap handout
Edit Theme : Edit theme digunakan untuk merubah theme dari slide
Baackground : untuk merubah background dari slide handout presentasi.
C. Notes Master
Notes master
digunakan untuk membuat master catatan/notes pada slide. Ketika notes
master diaktifkan maka akan muncul tab notes master yang fungsinya sama
dengan tab handout master.
Notes Master
Show
Group button Show
pada tab view mempunyai fungsi untuk menampilkan ruler (penggaris diatas
dan kiri slide) , gridlines serta guides pada slide. Untuk menampilkan
fungsi-fungsi tersebut dapat dilakukan dengan mencentang kotak yan
tersedia pada group tab show.
Rules : menampilkan penggaris di sisi atas dan samping kiri slide untuk mempermudah peletakan obyek-obyek pada power point.
Gridlines : menampilkan grid pada slide, untuk mempermudah mereorganisasi dan meletakan obyek pada slide.
Guides : dapat menunjukan koordinasi X dan Y pada slide.
Zoom
Group button zoom
berfungsi untuk mengatur besar kecilnya tampilan slide pada layar
monitor. Ketika klik button zoom maka akan muncul kotak dialog untuk
mengatur pembesaran atau pengecilan tampilan besarnya slide seperti
gambar diatas. Pada saat klik button fit to window maka slide akan
tampil sebesar window slide (104%)
Zoom
Color/Grayscale
Group button
Color/Grayscale mempunyai beberapa button yang berfungsi mengatur warna
tampilan slide dari presentasi. Secara garis besar terdapat 3 macam
pilihan tampiilan warna slide, yaitu full color, grayscale
(keabu-abuan), black and white (hitam-putih).
Color/Grayscale
A. Color
Pada pilihan color, slide akan tampil berwarna sesuai dengan setting warna yang telah ditentukan sebelumnya.
B. Grayscale
Untuk grayscale akan menghasilkan tampilan berwarna keabu-abuan.
C. Black and White
menghasilkan tampilan berwarna hitam dan putih
Pada saat memilih
mode untuk tampilan slide maka akan muncul tab baru untuk mengatur lebih
detail mode Grayscale dan black and white pada slide. Adapun tab
tersebut adalah seperti dibawah berikut ini:
Automatic : Secara otomatis akan merubah obyek yang terpilih menjadi warna hitam putih
Grayscale : Secara otomatis akan merubah obyek/background yang terpilih menjadi warna keabu-abuan
Light Grayscale :
akan merubah obyek/background yang terpilih menjadi warna keabu-abuan
namun hasilnya lebih terang dari pada grayscale, terlihat seperti ada
lightingny/cahaya
Inverse Grayscale : Akan menghasilkan warna berlawanan dari aslinya, misal putih diubah jadi hitam.
Gray with White Fill : Menghasilkan warna kebua-abu namun cenderung ke arah warna putih
Black with Grayscale Fill : Menghasilkan warna kebua-abu namun cenderung kearah warna hitam
Black with White Fill : Menghasilkan warna hitam dengan fill yang berwarna putih
Black : Menjadikan obyek yang terpilih menjadi warna hitam
White : Menjadikan obyek yang terpilih menjadi warna putih
Don't Show : menjadikan obyek yang terpilih tidak terlihat karena warna obyek tersebut disamakan dengan warna backgroundnya.
Back to Color View : Kembali ke mode full color
Window
Pada group button windows berfungsi untuk mengatur tampilan window dari program power point
Switch window : untuk berpindah dari satu window satu ke window lainnya.
New Window : akan terbuka window baru untuk file power point yang sama
Arrange All : bila
ada lebih dari satu file program PowerPoint yang aktif, maka akan
ditayangkan semua di windows dengan membagi sama rata besarnya tampilan
Cascade : File PowerPoint akan ditampilkan secara bertingkat.
4. Mencetak Dokumen
Perangkat lunak
presentasi power point 2010 memang digunakan untuk mempresentasikan
suatu hasil kerja dengan menggunakan computer dan LCD, namun tidak
mungkin isi dari presentasi tersebut dibutuhkan dalam bentuk cetak
kertas. Untuk kebutuhan cetak file hasil power point biasanya dicetak
dalam bentuk handout. Kebutuhan cetak file hasil power point biasanya
dicetak dalam bentuk handout.
Handout sangat
berguna bagi audiens pada saat presentasi karena dapat digunakan sebagai
panduan tentang slide yang telah ditayangkan. Selain itu, audien dapat
handout membaca dilain waktu. Berikut adalah kotak dialog untuk proses
mencetak.
kotak dialog print
Dari gambar diatas terlihat terdapat beberapa seting untuk keperluan cetak hasil presentasi, seting tersebut meliputi :
Print
Pada setting print terdapat Copies untuk menentukan banyaknya slide yang tercetak tiap slidenya.
Printer
Untuk menentukan
jenis printer yang digunakan untuk mencetak slide presentasi Pada
printer terdapat pula dialog untuk printer properties. Dimana printer
properties digunakan untuk menentukan jenis dan ukuran kertas serta
untuk menentukana orientasi percetakan apakah tegak atau mendatar.
Printer Properties
Setting
Pada terdiri dari pemilihan slide, print layout, collated, color serta edit untuk header & footer.
A. Slides
Pada kotak slide
merupakan tempat untuk menuliskan slide ke berapa saja yang ingin
dicetak. Selain itu dapat juga menentukan slide yang akan dicetak dengan
membuka setting slide pada button arrow slides (Secara default yang
terlihat adalah teks print all slides).
Print All Slides : cetak semua slide
Print Selection : cetak hanya slide yang dipilih
Print Current Slide : Cetak slide yang sedang aktif
Custom Range : menentukan slide-slide yang akan dicetak
Print Hidden Slides : cetak slide yang di hidden
B. Print Layout
Pada print layout
terdapat pilihan untuk mencetak slide secara full page slides (1 slide
untuk 1 halaman penuh), notes pages, outline dan handout.
C. Collated
Klik list Collated, dan kemudian memilih apakah slide yang akan dimencetak disusun atau uncollated.
D. Color
Terdapat 3 pilihan warna untuk mencetak dengan full warna (color), grayscale (keabu-abuan), pure black and white (hitam-putih)
E. Edit Header & Footer
Ketika edit header&footer diklik maka akankotak dialog untuk menyisipkan header footer.
Selesai...
0 komentar:
Posting Komentar