Rabu, 14 Mei 2014

Cara Mudah Belajar Algoritma dan Pemrograman


Cara Mudah Belajar Algoritma dan Pemrograman - Pasti pernah dengar kata algoritma! atau tidak tahu sama sekali? pasti ada pertanyaan baru "apa itu algoritma, untuk apa kita belajar algoritma". Langsung saja baca artikel saya, agar sedikit tahu apa itu Algoritma.

algoritma dan pemrograman


Algoritma adalah susunan lamgkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan secara logis,efisien dan terstruktur.

Flowchart adalah penggambaran algoritma menggunakan simbol-simbol khusus.

Pseudocode adalah penulisan algoritma menggunakan serangkaian kata-kata menyerupai bahasa pemrograman komputer.

Pemrograman adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer.



Pengolahan data terdiri dari :

  • Input
  • Proses
  • Output


Program Komputer terdiri dari :

  • Program
  • Pemrograman
  • Interpreter
  • Compiler


Program Kumpulan intruksi yang di susun sedemikian rupa agar komputer melakukan tindakan tertentu.

Pemrograman : Kegiatan pembuatan program computer untuk menyelesaikan persoalan tertentu.

Interpreter : Metode penerjemahan kode program secara baris demi baris untuk kemudian langsung dikerjakan oleh computer. Kesalahan yang terdapat dalam kode program akan menyebabkan proses terhenti di tengah jalan.

Compiler : Penerjemahan kode program secara keseluruhan sebelum di kerjakan oleh computer. Seluruh kode program sudah di pastikan dalam kondisi benar sebelum di jalankan.

PROGRAM
  • Definisi
    • Kata,ekpresi,pernyataan,kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi 1 kesatuan prosedur(yang)
    • Berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah(dan)
    • Diimplementasikan dengan menggunakan bahasapemrogaman(sehingga)
    • Dapat dieksekusi oleh komputer
PEMROGAMAN TERSTRUKTUR
  • Definisi
    • Pemrogaman yang memiliki rancang bangun terstruktur dan tidak berbelit-belit(sehingga)
    • Mudah ditelusuri,dipahami,dan dikembangkan oleh siapa saja
BAHASA PEMROGAMAN
  • Deinisi
    • Prosedur/data cara penulisan program
  • Dua faktor penting
    • Sintaks, aturan gramatikal yng mengatur tata cara penulisan kata
    • semantik, aturan untuk menyatakan arti
  • Fungsi
    • Sebagai media untuk menyusun dan memahami progam
    • Sebagai alat komunikasi antara pembuat program(progammer) dengan computer
    • Sebagai alat komunikasi antara orang yang satu dengan yang lain
  • Klasifikasi
    • Low level language
      • Berorientasi pada mesin progammer harus dapat berpikir berdasarkan logika mesin komputer
      • Kurang fleksibel dan sulit dipahami oleh pemula
      • contoh=Assembly
    • Midle level language
      • Menggunakan aturan gramatikal dalam penulisan ekpresi atau pernyataan
      • Menggunakan standar bahasa yang mudah dipahami oleh manusia
      • Memiliki instruksi tertentu yang dapat langsung diakses oleh komputer
    • High
      • Memiliki aturan gramatikal dalam penulisan ekpresi atau pernyataaan
      • menggunakan standar bahasa yang dapat dipahami secara langsung oleh manusia
    • Object
      • mengandung kapsul yang berisi funsi-fungsi untuk menyelesaikan masalah
      • progremmer cukup memasukkan kriteria-kriteria  yang dikehendaki untuk menyelesaikan masalah
      • Contoh:c++,visual basic,visual foxpro,java  
PENDEKATAN BAHASA PEMROGRAMAN 
  • Daerah pendekatan   
  •   Tipe data   
  •  Operator  
  •  Sintaks(tata tulis)statemet
  • Pengolahan data
1.       Tipe data
2.       Variable
3.       Kostanta
4.       Operator
5.       Ekspresi

         i.            Tipe data
Yang bisa diproses computer ada 3 jenis:

Numerik:tipe data yang lain hanya merupakan pengembangan dan interpretasi lain dari data bertipe numeric.
  • data numeric ada 2 jenis data:
  1. .bilangan bulat   Dari jangkauan data,tipe data pecahan memiliki range lebih besar dibandingkan dengan tipe data bilangan bulat
  2. bilangan pecahan   Bilangan pecahan memiliki lokasi extra dalam memory
 Tipe data karakter
  • Ada 2 jenis:
  1. .karakter tunggal(char) Data untuk karakter tunggal harus 1 data kerakter,sedangkan data untuk string boleh berupa nol(0) atau lebih karakter.dari sis jangkauan data,tipe data string memiliki range lebih besar dibandingkan dengan tipe data char
Tipe data logika
    Data logika adalah kondisi benar atau salah
    1.status 0=salah
    2.status 1=benar
    Subuah data logika menggunakan 1 byte memori.ukuran memory dinyatakan dengan satuan BYTE
    PEMILIHAN TIPE DATA
    1.sesuai dengan jenis data yang akan diolah
        -pemilihan tipe data desua dengan jenis data yang akan diolah .
          Analisis setiap jeniis data yang akan diolah secara seksama tidak setiap data numeric  akan diproses secara numeric ada kalanya data bertype numeric akan diproses secara string.misalnya:nomor tlp,nomor induk mahasiswa,nomor KTP dll.
    2.susuai dengan kebutuhan memory
     -pilihlah tyipe data yang sesuai dengan kebutuhan pengolahan data DAN yang menggunakan memory secara efesien
    Contoh:data numeric dengan tipe pecahan terbagi menjadi tipe FLOAT dan DOUBLE, kedua tipe data ini sama-sama mengolah data.bilangan pecahan,tetapi berbeda dalam pemakaian momory karena range keduanya  berbeda.
    ii VARIABEL
    1.       Sebutan bagi lokasi memory yang digunakan untuk menyimpan data. Contoh;variable 1b
    2.       Hanya bias menyimpan sebuah data dengan tipe tertentu
    3.       Penyimpanan data baru akan menghapus data lama
    4.       Selama proses berlangsung,isi variabel bias diubah-ubah
    Penanaman variabel
    1.       Diawali dengan huruf kecil .kata berikutnya diawali dengan huruf capital
    2.       Tidak boleh mengandung spasi atau symbol khusus seperti []_=?.
    3.       Lebih dari satu kata harus ditulis dempet.
    4.       Variabel string maupun char diakhiri dengan kerkter $
    Penanaman yang salah
    satu gaji(diawali dengan angka),total- pendapatan(ada minus),nama mahasiswa(ada spasi),alamat-2(ada minus)
    konstanta
    1.       Sebutan bagi lokasi memory yang digunakan untuk menyimpan data
    2.       Hanya bias menyimpan sebuah data dengan tipe tertentu
    3.       Penyimpan data haya bisa dilakukan diawali proses
    4.       Selama proses berlangsung,isi konstanta tidak boleh diubah
    iii    OPERATOR
    1.       Karekter khusus yang digunakan untuk melakukan proses tertentu
    2.       Memerlukan data untuk diproses →disebut operand
    3.       Ada yang bersifat unary(membutuhkan satu operand)
    4.       Ada yang bersifat binary(membutuhkan 2operand)
    Jenis-jenis operator
    1.       Operator matematika :digunakan untuuk melakukan proses matematika
    =:pemberian nilai
    +:penjumlahan
    -:pengurangan
    *:perkalian
    /:pembagian
    %:modulus(sisa bagi)
    2.       Operator relasi:digunakan untuk melakukan proses perbandingan
    = =:persamaan
    ≠   :pertidaksamaan
    >  :lebih dari
    ≥  :lebih dari atau sama dengan
    <  :kurang dari
    ≤  :kurang dari atau sama dengan
    3.       Operator logika:digunakan untuk melakukan proses logika
    AND:logika dan
    OR:logika or
    Hasil proses akan bernilai salah atau benar
    iv ekspresi
    Ø  Ekspresi matematika:
    3*4-5+2/52
    1.  ((3*4)-5)+(2/(52))
    2.  (12-5)+(2/25)
    3.  7+0,08
    4.  7,08
           2.     ekspresi rasional
                    10 ==3
                    10≠3
                    10>3
                    10≥3
                    10<3
                    10≤3
           3.ekspresi logika
    •  Cuaca_cerah AND jalanan_ramai 
    •   Ada_angkutan OR ad_tumpangan
           4.ekspresi gabungan
                    (x+y>z)AND(a*b<c)
    PSEUDOCODE
    • Pseudocode digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian pernyataan yang ditulis dalam bahasa sehari-hari
    • Setiap pernyataan dalam pseudocode ditulis dalam sebuah nomor baris.yang menyatakan nomor urut pernyataan jika sebuah nomor memiliki sub kegiatan,maka digunakan aturan penomoran secara in don’t
    • Pembacaan pseudocode dilakukan secara baria-demi-baris
    • Pada kondisi tertentu ada kalanya pembaca pseudocode tidak dilakukan urutan dari baris 1 kebaris selanjutnya,akan tetapi melompat kebaris yang lain
    • Terdapat ada beberapa keyword atau kata kunci yang digunakan untuk menulis pseudocode.

    Keyword pada pseudocode:
    1.BEGIN
    2.END
    3.IF_THEN
    4.IF_THEN_ELSE
    5.WHILE
    6.FOR

    FLOWCHART
    • FLOWCHART DIGUNAKAN untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian symbol khusus
    • Setiap pernyataan dalam flowchart ditulis dalam sebuah symbol.beberapa keyword yang ditulis didalam symbol,mendahului pernyataan dimaksud
    • Terdapat symbol garis berarah yang menyatakan arah proses berikutnya dari suatu symbol. Pembacaan flowchart dilakukan dari satu symbol kesimbol lain mengikuti arah yang ditunjuk oleh garis bawah

          Symbol pada flowchart
    • ·         terminator   AWAL flowchart→

                              AKHIR flowchart→                                

    • ·         ARROW
    → ARAH PROSES HORISONTAL         ↓ARAH PROSES VERTIKAL
    • ·         PROCCES
    • Berikut ini adalah contoh yang menggambarkan penulisan algoritma untuk membandingkan suatu bilangan yang lebih besar diantara dua buah bilangan yang dimasukkan oleh pengguna menggunakan teknik program flowchart.

      Membandingkan 2 bilangan bulat

      contoh flowchart





    Structured System Flowchart
    Bagan alir system (system flowchart) adalah suatu bagan yang menggambarkan arus logika dari suatu masalah yang akan dikerjakan. Pengerjaannya diwaali dari mulai dan diakhiri dengan selesai. Kegunaan bagan alir system ini adalah untuk menjelaskan logika suatu masalah serta menjelaskan komponen komponen fisik dari suatu sistem
    Beberapa simbol sistem flowchart yang sering digunakan seperti di bawah ini


    flowchart



    terima kasih telah berkunjung di blog apa adanya dan telah membaca artikel tentang "Cara Mudah Belajar Algoritma dan Pemrograman

    0 komentar:

    Posting Komentar