Selasa, 13 Mei 2014

Tips Memperbaiki Tinta yang Bercampur Pada Cartridge


Apakah anda pernah kesal kenapa hasil cetak warna pada printer anda saling bercampur? Misalnya warna biru bercampur dengan warna merah, atau sebaliknya. Warna kuning bercampur dengan warna biru dan sebaliknya. Artinya jika warna aslinya di layar monitor adalah merah, tapi begitu dicetak atau diprint, warnanya tidak persis sama. Sebagian berwarna biru dan sebagian berwarna merah. Bahkan juga bisa bercampur dengan warna kuning. Dengan kata lain warnanya sudah saling membias.

Perlu anda sadari, penyebab hasil cetak warna saling bercampur alias antar warnanya saling membias pada Printer Anda, adalah bisa jadi kesalahan anda sendiri. Saat pertama anda gunakan, sewaktu masih baru, hasil cetaknya bagus bukan? Artinya itu terjadi karena cara anda mengisi tinta warna pada cartridge warna tidak benar.

Anda sudah melihat sendiri bahwa ada 3 lubang pada cartridge warna tersebut. Ada lubang khusus untuk ketiga warna tersebut (Cyan, Magenta, Yellow). Harus diisi sesuai warnanya masing-masing. Tapi jika pada lubang merah anda suntikan tinta refill yang berwarna kuning misalnya, maka itulah sebabnya warnanya menjadi bercampur. 
Atau bisa juga  jika anda mengisi tintanya sudah sesuai pada masing-masing lubangnya, tapi anda mengisinya dengan takaran yang berlebih, sampai melimpah, maka itu juga menyebabkan hasil cetaknya menjadi amburadul. Bahkan jika tidak tumpahpun, tapi juga tergolong banyak anda isi, ibarat sebuah gelas, anda mengisinya sampai penuh, sedang anda tahu bahwa saat melakukan proses printing, cartridge tersebut bergerak kesana kemari dengan kencang. Akibatnya tinta tersebut melimpah keluar dan akhirnya saling meresap ke lubang warna lain. 
Kali ini saya ingin berbagi Tips yaitu cara memperbaiki tinta warna cartridge yang tercampur dengan tidak sengaja ataupun saat kita lupa pengisian tinta.
Berikut langkah-langkahnya:

1.      Hidupkan printer tunggu sampai printer berhenti bergerak.
2.      Lalu buka penutup printer dan ambil cartridge warna yang kita perbaiki.
3.      Ambil suntik tinta lalu masukkan jarum ke dalam  lubang tinta cartridge yang tercampur.
4.      Sedot suntik sampai tinta tidak keluar.
5.      Lalu berikan tissue ke ujung head catrige tinta hal ini berguna untuk menguras / menyedot sisa tinta.
6.      Lalu isi kembali dengan warna asal yang asli tata letaknya dalam lubang cartridge sedikit demi sedikit.
7.      Lakukan pengetesan dengan mencetak gambar, jika warna cartridge masih tercampur lakukan perintah no 1 sampai 6.
Cara diatas mungkin menurut Anda terlalu rumit dan lumayan lama bahkan akan menghabiskan banyak tinta. Nah Untuk Anda yang tidak bisa atau tidak sempat untuk menggunakan trik demikian, Anda bisa minta bantuan ahlinya. Untuk masalah yang demikian memang untuk lebih cepat harus dengan mesin tertentu. Jadi Jangan ragu jika Anda mengalami masalah seperti ini, Langsung datang ke 3ink Refill System Center disana Anda bisa merefill sekalian memperbaiki masalah tinta anda yang bercampur tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar