Sabtu, 28 Juni 2014

Memaksimalkan Performa VGA AMD dengan Mantle

AMD Media Day: Memaksimalkan Performa VGA AMD dengan Mantle

amd media day alva jonathan
Pada ajang AMD Media Day, AMD Indonesia juga memaparkan teknologi gaming terbaru mereka bernama Mantle. Di sesi ini, hadir sebagai pembicara adalah Alva Jonathan seorang PC Tech Entusiast. Menurut Alva “Lucky_n00b” Jonathan, secara sederhana Mantle adalah sebuah API (Application Programming Interface) layaknya DirectX atau OpenGL. Akan tetapi, meskipun memiliki peran serupa, API Mantle memiliki tingkat bahasa pemrograman lebih dekat kepada hardware(low-level) dimana hardware tersebut adalah graphics card AMD berbasis arsitektur GCN.
Dalam presentasinya, Alva mengungkapkan mengapa AMD menciptakan sebuah API baru bernama Mantle. Selama ini, jika memanfaatkan API seperti Microsoft DirectX, developer game tidak dapat mengakses kemampuan dari sebuah graphics card secara sepenuhnya,  dan ini salah satu yang menyebabkan para developer tidak bisa mengoptimalkan performa PC seperti halnya mereka melakukan optimalisasi kepada game console. Akan tetapi dengan menggunakan Mantle, selain dapat mengeluarkan sepenuhnya tenaga pada sebuah graphics card, developer game juga dapat mengakses feature yang sebelumnya tidak dapat dimanfaatkan jika menggunakan API tradisional(DX/OpenGL). Alhasil game yang berjalan dengan API Mantle akan mampu dijalankan dengan frame rate lebih tinggi dengan kualitas grafik sama, atau mendapatkan kualitas grafik lebih baik dengan frame rate sama.
Agar teknologi Mantle dapat digunakan, developer game perlu menanamkan kode pemrograman Mantle ke dalam game mereka dan pengguna harus menggunakan graphics card dengan arsitektur GCN, serta mengunakan driver dengan kode Mantle di dalamnya. Graphics card GCN ini mencakup Radeon HD 7000 Series dan juga Radeon R9 & R7 200 Series. Kabarnya, Prosesor APU generasi berikutnya telah menggunakan unit GPU berbasiskan arsitektur GCN.
ea games
Sejumlah developer game dikabarkan telah mengumumkan keikusertaannya dalam menghadirkan game berbasis Mantle. Salah satu game yang akan segera hadir versi Mantle adalah Battlefield 4 bulan Desember mendatang. EA Games juga mengabarkan jika game mereka dengan Frostbite Engine 3.0 akan mendukung teknologi Mantle. Game lain yang dikabarkan akan hadir versi Mantle adalah Star Citizen dan Thief 4.
“Peningkatan performa yang bisa didapat dengan penggunaan API Mantle ini sendiri tergantung implementasi dan optimalisasi yang dilakukan oleh para developer game-nya masing-masing”, begitu ujar Alva saat ditanya seberapa jauh kinerja ekstra yang ditawarkan oleh Mantle API.

0 komentar:

Posting Komentar